SCONFIG
WINDOWS SERVER 2012
Fungsi & Penjelasan
Salam Blogger :D Hai Selamat berjumpa lagi dengan saya di blog Instalasi-Ku. hari ini ada sebuah materi baru yang akan saya bahas pada artikel yang anda baca ini. Mengenai bagaimana cara mengkonfigurasi pengaturan dasar secara manual terkait Sis.operasi Windows Server 2012 untuk pengguna berbasis CLI ataupun GUI baik itu yang Standard atau Datacenter .
Semua dapat menjalankan konfigurasi ini karena ini adalah konfigurasi yang paling dasar setelah anda berhasil menginstal windows 2012 kususnya CLI, yang nantinya anda dapat mengenal berbagai system yang dapat dikonfigurasi dan nama system yang ada pada konfigurasi itu merupakan hal yang paling utama sebelum yang lainnya dalam program Windows server 2012 tersebut..
I. PEMBAHASAN
Nama Pengaturan itu disebut sconfig yaitu sebuah perintah yang digunakan untuk mengatur beberapa system yang dikonfigurasi melalui sebuah pengaturan yang berbeda dalam windows server 2012. Ok Sebelum dilanjutkan,, perlu saya katakan kembali pada anda di pembahasan ini bahwa yang akan menjadi materi utamanya ialah Konfigurasi system tersebut jadi sebagai seorang pengunjung nih saya akan memberikan cara - cara serta penjelasan yang mungkin mudah untuk dicerna..
II. KONFIGURASI
Dalam Konfigurasi adapun Model dari Sis.operasi yang saya pakai yakni dengan " Standard core ". yang anda tahu kalau Sis.operasi windows ini berbasis CLI atau bisa dikatakan Teks sehingga lebih mudah dan singkat jika kita lakukan konfigurasi.
Yakk baiklah,, setelah tahu apa yang akan di pelajari disini. mari kita mulai saja ke tutorial berikut, INGAT!! baca dengan TELITI OK... 😃
1). Pertama, Masuklah terlebih dahulu ke mode Administrator setelah anda berhasil menghidupkan Sis.operasi .
yang pertama Ketikan ===> CTRL + ALT + DEL (Keyboard bagian kanan)
Pertama |
Lalu,masukkan Password login 'Administrator' seperti biasa
Kedua |
ENTER
2). Sampai berada dalam mode 'Administrator' , sehingga langsung masuk ke command line karena memakai windows 2012 yang berbasis core.
Maka ketikan Perintah konfigurasinya :
Sconfig [ perintah konfigurasi pengaturan dasar ]
Ketiga |
ENTER
3). Hasilnya.. ( Lihat gambar 4) Menampilkan Command Line berlatar belakang biru dengan isi beberapa opsi dari system yang akan di konfigurasi, Seperti gambar di bawah in
Ke Empat |
Terlihat,, pada opsi 1 ( gambar di atas ) tercantum caption " Domain/Workgroup " menandakan status Workgroup : WORKGROUP artinya disitu Sis.operasi tidak memakai nama domain melainkan workgroup dengan identitasnya WORKGROUP (default).
Lalu disinilah kita akan memilih No.1 sebagai system pertama yang akan kita konfigurasi...
Lalu disinilah kita akan memilih No.1 sebagai system pertama yang akan kita konfigurasi...
Dengan mengetik angka " 1 " dan akan tertera beberapa selection yang muncul dari pilihan tersebut
Ke Lima |
Pada " Change domain/workgroup " ( lihat gambar 5 ) cobalah join dengan Domain dan masukkan nama domain anda, terserah ngasal juga nggak masalah :v kan cuma uji coba saja, lebih baek lagi kalo punya domain aslinya serta untuk " Specify an Authorized...." , yang ini ada isyaratnya yaitu seperti ini : domain\user.
ENTER
4). Eitss,, belum selesai. masih ada verifikasinya masukkan password nya dulu.
Ke Enam |
Dan hasilnya,, Tarra ... AKSES DITOLAK wkwk. Maklum namanya juga konfigurasi walau sudah ditolak masih tetap dilakukan juga :v
Ke Tujuh |
Ke Delapan |
Ketikan angka " 2 " . pada bagian " Computer Name " isilah sebuah Nama atau identitas
contohnya: DANI-WIN12 .
ENTER
Maka Muncul Pop up 'Restart' , klik "YES"
Ke Sembilan |
Ke Sepuluh Sampai Me - RESTART |
Masuk kembali dan Login lalu ketikan perintah sconfig seperti awal tadi . Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini ..
Ke Sebelas |
6). Setelah nama komputer berhasil di konfigurasi , Sekarang coba untuk keluar dari "Command Line" system configuration . bagaimana caranya ?? cukup dengan mengetik angka 15 pada opsi terbawah . maka Tampilan secara otomatis akan berubah menjadi...
Ke Dua Belas |
Loh, kalau dah keluar truss gimana masuknya ?? itu mudah, hanya sebuah perintah "sconfig" maka secara normal anda akan melihat tampilan system configuration seperti tadi.
7). Konfigurasi Keempat, adalah konfigurasi " Remote Management " bagaimana kita akan mengatur server bekerja meremote komputer lain .
Ketikan angka " 4 " ,
pada 'Current Status:...' kita coba pilih no.3 maka ketiklah angka "3" dalam hal ini kita coba menge-ping dari remote controller jika ada respons itu tandanya ada sambungan tapi jika tidak ada respon apa pun maka sebaliknya .
Ke Tiga Belas |
8). Lanjut opsi ke-5 " Windows Update Settings " menjadi konfigurasi yang ke lima kali ini, intinya mengatur bagaimana windows membuat jadwal update fitur yang bisa di atur baik secara otomatis atau dengan manual
Nah, kebetulan sekali dari awal berstatus manual tinggal di ubah ke sebaliknya yaitu otomatis. coba kita lakukan..
Ketikan ==>; 5 , lalu pilih automatic.
Ke Empat Belas |
Setelah di Update ke Otomatis windows akan memberikan informasi jadwal update melalui sebuah Pop Up ( Gambar 15).
Ke Lima Belas |
Ke Enam Belas |
Yak terlihat pada gambar bertanda merah artinya Berhasil di Ubah :)
9). Sampailah di opsi ke-8 dalam "Network Setting" . ini adalah sebuah system komputer yang mengatur konfigurasi jaringan serta yang berkaitan dengan hal (ip, netmask, dll) itu agar komputer mendapatkan sebuah layanan jaringan atau koneksi data. Pada windows server 2012 berbasis core itu adalah cara terbaik untuk mengatur settingan jaringan komputer karena tidak ada cara lain sebab yang bisa digunakan adalah sconfig ini saja untuk bisa melakukannya,
Maka PENTING !! bagi anda pengguna Sis.operasi CLI windows 2012 untuk megetahui cara - cara tersebut supaya dapat mempermudah pekerjaan anda .
Maka PENTING !! bagi anda pengguna Sis.operasi CLI windows 2012 untuk megetahui cara - cara tersebut supaya dapat mempermudah pekerjaan anda .
Ketikan ==> 8, secara otomatis menampilkan daftar "Network Settings" . lalu ikuti no Index yang ada setelahnya yaitu Index# 10 ( Gambar 17 ) artinya pada Select network adapter... kita hanya dapat memasukkan nomor "10" sebagai langkah seterusnya dari settingan yang ada karena hanya itu yang tercantum setelahnya .
Ke Tujuh Belas |
Dan selanjutnya ,, lihat pada icon hijau ( gambar 18 ) dan beberapa caption di bawahnya seperti IP address, netmask , gateway dan lainnya muncul berarti kita telah masuk ke index 10. disinilah anda dapat mengubah beberapa setting dengan cara - cara berikut ini :
Pilih 1, jika anda ingin Mengkonfigurasi jaringan utama ( ip,subnet,gateway,) serta mengatur jenis network yang dipakai terdiri dari 2 type
Ketik " D " untuk DHCP - Ketik " S " untuk STATIC.Pilih 2, jika ingin mengatur DNS Server [ terdiri dari Preferred & Alternate DNS ].Pilih 3, Jika ingin menghapus semua setting DNS yang disimpan.
Ke Delapan Belas |
Silahkan coba ikuti cara di atas, dengan memasukkan angka 1 dan meginput kata s (static), secara otomatis akan ada pengaturan static ip yang muncul
nah bisa anda atur tuh seperti ini :
IP address : 192.168.0.29
Subnet mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.0.1
ENTER
Beginilah Verifikasi yang dicapai...
Ke Sembilan Belas |
10). Yaps, selanjutnya gimana cara ganti DNS Server ?? dengan mengetik angka " 2 " selama anda masih berada dalam network settings akan langsung menampilkan sebuah caption dns di antaranya sebagai berikut pada gambar 20
Ke Dua Puluh |
Pada gambar di atas yang pertama ialah mengatur alamat Prefererred dns server jika tidak ada bisa langsung lewati dengan Enter
Namun jika anda mengisinya hasilnya nampak seperti gambar di bawah ini ( gambar 21)
Ke Dua puluh satu |
Yang kedua setelah preferred dns ada lagi yaitu mengatur alternate dns server sama seperti yang tadi konfigurasinya
Ke Dua puluh dua |
dan jika di isi hasilnya seperti ini ( gambar 23)
Ke Dua Puluh tiga |
Oke,, setelah semua berhasil dicoba dengan sukses berikutnya. sebelum itu bagaimana cara kita akan keluar dari konfigurasi network setting ???
hmm, jika tadi saya hanya menjelaskan apa fungsi dari opsi no.1 - 3 pada network adapter setting, maka sisanya yaitu no.4 adalah jalan keluar dari jawaban ini . Yaitu kembali ke Halaman Menu (awal)
11). Gunakan Perintah no.9 untuk mengatur "System waktu dan tanggal" pada Komputer. Yahh meski begitu setidaknya ada sedikit hal berbeda setelah semua perintah dari Konfigurasi sebelumnya . terlihat sama dengan mengatur waktu menggunakan windows 2012 gui atau windows lainnya yang berbasis GUI
12). Lanjut, kali ini dengan memasukkan Perintah pada opsi ke-.7 berupa " Remote Dekstop " dimana suatu komputer dapat mengontrol komputer lain melalui system karena itu ketikkanlah ==> angka " 7 " ( gambar 26 ) dan coba pilihlah pada selection "All client"
ENTER
Tanda bahwa Remote Dekstop berhasil diaktifkan untuk seluruh client
Ke Dua puluh Tujuh |
Verifikasi hasil ,, Lihatlah ( gambar 29 ) bagian remote dekstop telah di ubah dari Disable menjadi Enable [All Clients] .
Ke Dua puluh delapan |
13). Lalu di langkah ini, kita akan mencoba lagi konfigurasi lainnya yaitu yang ada pada pilihan No.6 .
hah, apa itu ? ya apalagi kalo bukan download and install update,
lalu buat apa fungsinya ? seperti upload&download kah ?? TIDAK, namun kalo dipikir" lagi ada hubungannya dengan updating,maksudnya disini PEMBAHARUAN sisitem operasi
Mengapa bisa bgitu ?? karena itulah,, ini menjadi urutan ke 6 setelah windows update setting tapi yang sebelumnya itu cuma ngatur mode pengaktifan fiturnya saja
Naaah yang ini ( Pilihan No.6 ) baru bisa melakukan fitur update, langsung saja Ketik angka " 7 " di bagian bawah dan Enter. Lihat apa yang muncul ( gambar 29 )
Ke Dua puluh Sembilan |
Disana ada dua pilihan : bisa anda pilih "All" dengan kata kunci A untuk update semua atau bisa juga dengan mengetik kata kunci R yang berarti "Recommended" hanya untuk update yang direkomendasikan saja persis seperti contoh di atas.
Maka system akan mencari aplikasi (fitur) sesuai kata kunci yang anda masukkan :) di akhiri dengan Continue...
14). Dan Selanjutnya, melakukan konfigurasi yang ada di opsi ke-10 "Help improve the product with CEIP " .kalo di dengar dari namanya mungkin agak asing tapi karena anda akan mempelajari bagaimana cara konfigurasinya maka anda tidak perlu khawatir lagi
cukup lihat dan simak saja :)
Seperti biasa pada halaman utama ketik angka " 10 " karena kita memilih no.10 dan disana akan terlihat oleh anda sebuah tampilan yang fungsinya tertuju pada pengertian sebenarnya dari fitur itu berarti Membantu meningkatkan produk dengan CEIP sebuah program dari windows server 2012 yang menawarkan survei kepada kita sebagai pelanggan (pengguna) windows 2012.
Anda dapat mengubah status nya dari " Not Participating " ke " Participating " dengan maksud ikut berpartisipasi atau tidak dalam program tersebut guna meninkatkan produknya atau dengan kata lain membuat Sis.operasi ini lebih disukai oleh banyak orang.
15). Windows Activation, di dalam fitur ini isinya hampir sama seperti kita melihat informasi seputar komputer dengan Control Panel di System pada windows akan tetapi berbeda di dalam System configuration windows 2012 karena setelah anda menginput angka " 11 " akan tampil beberapa opsi di bawahnya berupa :
1. Dispaly License info [ Menampilkan informasi License Sis.operasi komputer ]2. Active Windows [ Cek-aktivasi Windows ]3. Install Product Key [ Meng-aktivasi windows dengan kode product key ]
16). Okelah kalo beg begitu, Setelah semua dicoba serta dikonfigurasi setelah ini masih ada yang harus anda lakukan yakni Menambah Akun Local pada Administrator bagaimakah caranya ?? Begini caranya
'Pertama' input dulu angka " 3 " ke dalam dan ENTER . maka terdapat dua perintah berupa cara di bawahnya seperti yang anda lihat ( gambar di atas )
cara pertama, dengan specify kata kunci : domain\username. yang ini jika pada langkah pertama tadi ( piihan no.1 ) anda memiliki join domain dan status nya menggunakan nama domain yang sudah di daftarkan
cara kedua , dengan Workgroup specify kata kunci : username. kalau ini sangat mudah karena anda tinggal menggunakan sebuah nama saja untuk menjadi akun local tersebut. contoh : SERVER
'Kedua' , buat dulu passswordnya sebagai konfirmasi untuk akun yang dibuat
SUKSES !!
Intinya :) pada langkah ini berkaitan erat dengan langkah pertama.
17). Sebagai verifikasi untuk melihat hasil dari Konfigurasi no.3 dipergunakanlah pilihan pada system configuration untuk mengetahuinya yaitu Log Off User
cukup ketik angka " 13 " ENTER
Maka suatu system akan memberitahu kita setuju atau tidak untuk log off , Klik ==> YES
Ke dalam system Log Off terlihat ada 2 opsi yang dibawahnya bertulis "Administrator" dan Server kedua nya itu sama - sama akun dan yang telah kita buat yaitu Akun bernama SERVER ( tanda lingkaran merah ) telah menjadi local akun administrator
Log in ke akun SERVER dengan password yang telah dibuat
Selamat anda telah berjaya :) Gunakan Perintah "Whoami" guna mengetahui Status user sekarang.
18). Ya baiklah karena kita sudah memperbarui semua opsi yang terdaftar dalam system configuration jangan lupa di Simpan.
Caranya cukup Lakukan Restart di dalam sconfig itu dengan ketik angka " 13 "
Bila muncul Pop Up Restart, klik ==> YES
19). Sistem operasi berhasil menyimpan Pengaturan Sconfig , artinya Konfigurasi yang kita buat juga sudah disimpan. Sampai pada akhirnya membuahkan hasil yang benar, di akhiri dengan menonaktifkan komputer (shutdown) mari kita lakukan bersama - sama
Masukkan Perintah 14 - Shutting Down
" S E L E S A I "
Kesimpulan :
1. Domain/Workgroup : Setting join domain bila terdaftar nama domain / Setting workgroup untuk type default
2. Computer Name : Mengatur nama Komputer yang di berikan
3. Add Local Administrator : Jika ingin Menambah akun lain ber-standard local
4. Configure Remote Management : Mengelola pengaturan status system remote komputer
5. Windows Update Setting : Mengatur Pengaktifan status windows update (Manual/Auto)
6. Download and Install Update : Melakukan updating fitur dan menginstalnya melaui proses download
7. Remote Dekstop : Melakukan Remote controller dengan mengatur pengaturan system
8. Network Settings : Konfigurasi Koneksi jaringan beserta DNS server
9. Date and Time : Setting waktu dan tanggal pada Komputer
10. Help Impove Product with CEIP : Ke partisipasi-an pengguna sebagai pelanggan atas survey peninggkatan Product ini
11. Windows Activation : Informasi seputar komputer anda terkait License dan Product Sis.operasi
12. Log Off User : Keluar dari User account
13. Restart Server : Restart komputer dari Program sconfig
14. Shutdown Server : Mematikan Komputer melalui program sconfig
15. Exit Command Line : Keluar dari command line sconfig ke command line awal.
Keutamaan sesama adalah kebersamaan ✩ Terima kasih bagi yang telah mengikuti Artikel ini dari awal hingga akhir tidak lupa jika ada yang ingin ditanyakan oleh Sobat blogger Pada kolom Komentar Sekian ... ...
Berikanlah ulasan Positif dengan Kritik dan Saran anda yang berguna