Setting Manual SCONFIG Windows Server 2012



    SCONFIG 

   WINDOWS    SERVER   2012

 Fungsi  & Penjelasan


Sistem Configuration CLI - Windows Server 2012

Salam Blogger :D  Hai  Selamat berjumpa lagi dengan saya di blog Instalasi-Ku. hari ini ada sebuah materi baru yang akan saya bahas pada artikel yang anda baca ini. Mengenai bagaimana cara mengkonfigurasi pengaturan dasar secara manual terkait Sis.operasi Windows Server 2012 untuk pengguna berbasis CLI ataupun GUI baik itu yang Standard atau Datacenter .
Semua dapat menjalankan konfigurasi ini karena ini adalah konfigurasi yang paling dasar setelah anda berhasil menginstal windows 2012 kususnya CLI, yang nantinya anda dapat mengenal berbagai system yang dapat dikonfigurasi dan nama system yang ada pada konfigurasi itu merupakan hal yang paling utama sebelum yang lainnya dalam program Windows server 2012 tersebut..


I.     PEMBAHASAN
     Nama Pengaturan itu disebut sconfig yaitu sebuah perintah yang digunakan untuk mengatur beberapa system yang dikonfigurasi melalui sebuah pengaturan yang berbeda dalam windows server 2012. Ok Sebelum dilanjutkan,, perlu saya katakan kembali pada anda di pembahasan ini bahwa yang akan menjadi materi utamanya ialah Konfigurasi system tersebut jadi sebagai seorang pengunjung nih saya akan memberikan cara - cara serta penjelasan yang mungkin mudah untuk dicerna.. 


II.   KONFIGURASI
     Dalam Konfigurasi adapun Model dari Sis.operasi yang saya pakai yakni dengan " Standard core ". yang anda tahu kalau Sis.operasi windows ini berbasis CLI atau bisa dikatakan Teks sehingga lebih mudah dan singkat jika kita lakukan konfigurasi.

Yakk baiklah,, setelah tahu apa yang akan di pelajari disini. mari kita mulai saja ke tutorial berikut, INGAT!!  baca dengan TELITI OK...  😃


     1).   Pertama,  Masuklah terlebih dahulu ke mode Administrator setelah anda berhasil menghidupkan Sis.operasi .

yang pertama Ketikan    ===>  CTRL + ALT + DEL  (Keyboard bagian kanan)

Pertama

   Lalu,masukkan Password login 'Administrator' seperti biasa  

 Kedua
 ENTER

     2).  Sampai berada dalam mode 'Administrator' , sehingga langsung masuk ke command line karena memakai windows  2012 yang berbasis core. 
Maka ketikan Perintah konfigurasinya :

Sconfig                                    [ perintah konfigurasi pengaturan dasar ]

 Ketiga
ENTER

     3).  Hasilnya..  ( Lihat gambar 4)  Menampilkan Command Line berlatar belakang biru dengan isi beberapa opsi dari system yang akan di konfigurasi, Seperti gambar di bawah in

Ke Empat
Terlihat,, pada opsi 1 ( gambar di atas ) tercantum caption " Domain/Workgroup " menandakan status WorkgroupWORKGROUP artinya disitu Sis.operasi tidak memakai nama domain melainkan workgroup dengan identitasnya WORKGROUP (default).  

Lalu disinilah kita akan memilih No.1 sebagai system pertama yang akan kita konfigurasi...
Dengan mengetik angka " 1 " dan akan tertera beberapa selection yang muncul dari pilihan tersebut
Ke Lima
Pada " Change domain/workgroup "  ( lihat gambar 5 ) cobalah join dengan Domain  dan masukkan nama domain anda, terserah ngasal juga nggak masalah :v  kan cuma uji coba saja, lebih baek lagi kalo punya domain aslinya serta untuk " Specify an Authorized...."  , yang ini ada isyaratnya yaitu  seperti ini : domain\user.

ENTER

     4).  Eitss,, belum selesai. masih ada verifikasinya masukkan password nya dulu.
Ke Enam
Dan hasilnya,,  Tarra ...  AKSES  DITOLAK   wkwk.  Maklum namanya juga konfigurasi walau sudah ditolak masih tetap dilakukan juga :v 

Ke Tujuh

     5).  Lanjut Konfigurasi yang Kedua,  adalah Mengatur nama atau identitas bagi komputer. Lihatlah ( Gambar 8 ) yang ditunjukkan anak panah merah tertera sebuah identitas yang merupakan Nama computer. Ya terkadang nama nya gk jelas  karena itu adalah nama pertama yang diberikan saat selesai Instal Sis.operasi untuk pertama kalinya. lagi pula jika anda ingat mengenai tutorial Instalasi windows server 2012 pada setting akun yang lalu kita tidak dapat Mengganti Username sebab sis.operasi telah menganggap sebagai pelaku administrator dan itu juga tak dapat di ubah.

Ke Delapan

Ketikan   angka  " 2 "  . pada  bagian " Computer Name "  isilah sebuah Nama atau identitas 

contohnya: DANI-WIN12 .

ENTER




Maka Muncul Pop up 'Restart' , klik    "YES"

Ke Sembilan
Ke Sepuluh

Sampai  Me - RESTART

Masuk kembali dan Login lalu ketikan perintah sconfig seperti awal tadi . Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini .. 
Ke Sebelas
 Computer name telah diubah dari yang semula  menjadi identitas baru dengan nama anda sendiri :)  OK


    6).  Setelah nama komputer berhasil di konfigurasi , Sekarang coba untuk keluar dari "Command Line" system configuration  . bagaimana caranya ??   cukup dengan mengetik angka 15 pada opsi terbawah   . maka Tampilan secara otomatis akan berubah menjadi...

Ke Dua Belas
Berlatar belakang warna hitam, menandakan Command Line beralih ke mode "Administrator"  yah tentu saja lihat  gambar di atas bertulis C:\Users\Administartor> .

Loh, kalau dah keluar truss gimana masuknya ??  itu mudah, hanya sebuah perintah "sconfig" maka secara normal anda akan melihat tampilan system configuration seperti tadi.


     7).  Konfigurasi Keempat, adalah konfigurasi Remote Management "  bagaimana kita akan mengatur server bekerja meremote komputer lain . 

Ketikan  angka " 4 " 

pada 'Current Status:...' kita coba pilih no.3 maka ketiklah angka "3"  dalam hal ini kita coba menge-ping dari remote controller jika ada respons itu tandanya ada sambungan tapi jika tidak ada respon apa pun maka sebaliknya  .

Ke Tiga Belas

       8).  Lanjut opsi ke-5  " Windows Update Settings " menjadi konfigurasi yang ke lima kali ini, intinya mengatur bagaimana windows membuat jadwal update fitur yang bisa di atur baik secara otomatis atau dengan manual
Nah, kebetulan sekali dari awal berstatus manual tinggal di ubah ke sebaliknya yaitu otomatis.  coba kita lakukan..

Ketikan  ==>; 5 , lalu pilih automatic.

Ke Empat Belas
Setelah di Update ke Otomatis windows akan memberikan informasi jadwal update melalui sebuah Pop Up   ( Gambar 15).
Ke Lima Belas
Ke Enam Belas
Yak terlihat pada gambar bertanda merah artinya Berhasil di Ubah  :)




     9).  Sampailah di opsi ke-8  dalam "Network Setting" . ini adalah sebuah system komputer yang mengatur konfigurasi jaringan serta yang berkaitan dengan hal (ip, netmask, dll) itu agar komputer mendapatkan sebuah layanan jaringan atau koneksi data. Pada windows server 2012 berbasis core itu adalah cara terbaik untuk mengatur settingan jaringan komputer karena tidak ada cara lain sebab yang bisa digunakan adalah sconfig ini saja untuk bisa melakukannya, 
Maka PENTING !! bagi anda pengguna Sis.operasi CLI windows 2012 untuk megetahui cara - cara tersebut supaya dapat mempermudah pekerjaan anda .



Ketikan  ==>  8,  secara otomatis menampilkan daftar "Network Settings" . lalu ikuti no Index yang ada setelahnya yaitu Index# 10  ( Gambar 17 ) artinya pada Select network adapter... kita hanya dapat memasukkan nomor "10" sebagai langkah seterusnya dari settingan yang ada karena hanya itu yang tercantum setelahnya .

Ke Tujuh Belas

Dan selanjutnya  ,, lihat pada icon hijau ( gambar 18 ) dan beberapa caption di bawahnya seperti IP address, netmask , gateway dan lainnya muncul berarti kita telah masuk ke index 10. disinilah anda dapat mengubah beberapa setting dengan cara - cara berikut ini :
Pilih  1, jika anda ingin Mengkonfigurasi jaringan utama ( ip,subnet,gateway,) serta mengatur jenis network yang dipakai terdiri dari 2 type 
Ketik  " D " untuk DHCP  -  Ketik  " S " untuk STATIC.

Pilih    2 jika ingin mengatur DNS Server   [ terdiri dari Preferred & Alternate DNS ].

Pilih    3,  Jika ingin menghapus semua setting DNS yang disimpan. 
Ke Delapan Belas
 Silahkan coba ikuti cara di atas, dengan memasukkan angka 1 dan meginput kata s (static), secara otomatis  akan ada pengaturan static ip  yang muncul
nah bisa anda atur tuh seperti ini : 
IP address             : 192.168.0.29
Subnet mask        : 255.255.255.0
Default Gateway      : 192.168.0.1
ENTER

Beginilah  Verifikasi  yang dicapai...  
Ke Sembilan Belas

     10).  Yaps, selanjutnya gimana cara ganti DNS Server ?? dengan mengetik angka " 2 "  selama anda masih berada dalam network settings akan langsung menampilkan sebuah caption dns di antaranya sebagai berikut pada gambar 20

Ke Dua Puluh
Pada gambar di atas yang pertama ialah mengatur alamat Prefererred dns server jika tidak ada bisa langsung lewati dengan Enter 
Namun jika anda mengisinya  hasilnya  nampak seperti gambar di bawah ini  ( gambar 21)

Ke Dua puluh satu

Yang kedua setelah preferred dns ada lagi yaitu mengatur alternate dns server sama seperti yang tadi konfigurasinya 


Ke Dua puluh dua

dan jika di isi hasilnya seperti ini  ( gambar 23)


Ke Dua Puluh tiga

Oke,, setelah semua berhasil dicoba dengan sukses berikutnya. 
sebelum itu bagaimana  cara kita akan keluar dari konfigurasi network setting ???  
   
Ke Dua puluh empat
hmm, jika tadi saya hanya menjelaskan apa fungsi dari opsi no.1 - 3 pada network adapter setting, maka sisanya yaitu no.4 adalah jalan keluar dari jawaban ini .  Yaitu kembali ke Halaman Menu  (awal)

  11).  Gunakan Perintah no.9 untuk mengatur "System waktu dan tanggal" pada Komputer.  Yahh meski begitu setidaknya ada sedikit hal berbeda setelah semua perintah dari Konfigurasi sebelumnya . terlihat sama dengan mengatur waktu menggunakan windows 2012 gui atau windows lainnya yang berbasis GUI 

Ke Dua puluh lima
OK




     12).  Lanjut, kali ini dengan memasukkan Perintah pada opsi ke-.7  berupa " Remote Dekstop "  dimana suatu komputer dapat mengontrol komputer lain melalui system karena itu ketikkanlah   ==>   angka " 7 " ( gambar 26 )  dan coba pilihlah pada selection "All client"   


ENTER


Tanda bahwa Remote Dekstop berhasil diaktifkan untuk seluruh client 

Ke Dua puluh Tujuh
Verifikasi hasil ,, Lihatlah ( gambar 29 ) bagian remote dekstop telah di ubah dari Disable menjadi Enable [All Clients] .

Ke Dua puluh delapan

     13).  Lalu di langkah ini, kita akan mencoba lagi konfigurasi lainnya yaitu yang ada pada pilihan  No.6 . 

hah, apa itu ? ya apalagi kalo bukan download and install update
lalu buat apa fungsinya ? seperti upload&download kah ?? TIDAK, namun kalo dipikir"  lagi ada hubungannya dengan updating,maksudnya disini PEMBAHARUAN sisitem operasi 
Mengapa bisa bgitu ?? karena itulah,, ini menjadi urutan ke 6 setelah  windows update setting tapi yang sebelumnya itu cuma ngatur mode pengaktifan  fiturnya saja

Naaah yang ini ( Pilihan No.6 ) baru bisa melakukan fitur update, langsung saja Ketik angka " 7 " di bagian bawah  dan Enter.  Lihat apa yang muncul ( gambar 29 )

Ke Dua puluh Sembilan

Disana ada dua pilihan : bisa anda pilih "All" dengan kata kunci A untuk update semua atau bisa juga dengan mengetik kata kunci R yang berarti "Recommended" hanya untuk update yang direkomendasikan saja persis seperti contoh di atas.

Maka system akan mencari aplikasi (fitur) sesuai kata kunci yang anda masukkan :)  di akhiri dengan Continue...

   14). Dan Selanjutnya, melakukan konfigurasi yang ada di opsi ke-10  "Help improve the product with CEIP " .kalo di dengar dari namanya mungkin agak asing tapi karena anda akan mempelajari bagaimana cara konfigurasinya maka anda tidak perlu khawatir lagi
cukup  lihat dan simak saja :)

Seperti biasa pada halaman utama ketik angka " 10 "  karena kita memilih no.10  dan disana akan terlihat oleh anda sebuah tampilan yang fungsinya tertuju pada pengertian sebenarnya dari fitur itu berarti Membantu meningkatkan produk dengan CEIP sebuah program dari windows server 2012 yang menawarkan survei kepada kita sebagai pelanggan (pengguna) windows 2012.

Anda dapat mengubah status nya dari Not Participating "  ke  Participating " dengan maksud ikut berpartisipasi atau tidak dalam program tersebut guna meninkatkan produknya atau dengan kata lain membuat Sis.operasi ini lebih disukai oleh banyak orang.

   15).  Windows Activation, di dalam fitur ini isinya hampir sama seperti kita melihat informasi seputar komputer dengan Control Panel di System pada windows akan tetapi berbeda di dalam System configuration windows 2012 karena setelah anda menginput angka " 11 " akan tampil beberapa opsi di bawahnya berupa :

1. Dispaly License info         [ Menampilkan informasi License Sis.operasi komputer ]
2. Active Windows                [ Cek-aktivasi Windows ]
3. Install Product Key           [ Meng-aktivasi windows dengan kode product key ]
     
   16).  Okelah kalo beg begitu, Setelah semua dicoba serta dikonfigurasi setelah ini masih ada yang harus anda lakukan yakni Menambah Akun Local pada Administrator bagaimakah caranya  ??  Begini caranya 

'Pertama' input dulu angka " 3 " ke dalam dan ENTER . maka terdapat dua perintah berupa cara di bawahnya  seperti yang anda lihat ( gambar di atas )

cara pertama, dengan specify kata kunci : domain\username. yang ini jika pada langkah pertama tadi ( piihan no.1 ) anda memiliki join domain dan status nya menggunakan nama domain yang sudah di daftarkan

cara kedua   , dengan Workgroup specify kata kunci : username.  kalau ini sangat mudah karena anda tinggal menggunakan sebuah nama saja untuk menjadi akun local tersebut. contoh : SERVER

'Kedua' , buat dulu passswordnya sebagai  konfirmasi  untuk akun yang dibuat




SUKSES !!  
 Intinya :)  pada langkah ini berkaitan erat dengan langkah pertama.


     17). Sebagai verifikasi untuk melihat hasil dari Konfigurasi no.3 dipergunakanlah pilihan pada system configuration untuk mengetahuinya yaitu Log Off User  
cukup ketik angka " 13 "  ENTER

Maka suatu system akan memberitahu kita setuju atau tidak untuk log off , Klik  ==>  YES


Ke dalam system Log Off terlihat ada 2 opsi yang dibawahnya bertulis "Administrator" dan Server kedua nya itu sama - sama akun dan yang telah kita buat yaitu Akun bernama SERVER ( tanda lingkaran merah )  telah menjadi local akun administrator  


Log in ke akun SERVER  dengan password yang telah dibuat 




Selamat anda telah berjaya :)  Gunakan Perintah "Whoami" guna mengetahui Status user sekarang.


     18).  Ya baiklah karena kita sudah memperbarui semua opsi yang terdaftar dalam system configuration jangan lupa di Simpan.

Caranya cukup Lakukan Restart di dalam sconfig itu dengan ketik angka " 13 "


Bila muncul Pop Up  Restart, klik  ==>  YES



     19).  Sistem operasi berhasil menyimpan Pengaturan Sconfig , artinya Konfigurasi yang kita buat juga sudah disimpan. Sampai pada akhirnya membuahkan hasil yang benar, di akhiri dengan menonaktifkan komputer (shutdown) mari kita lakukan bersama - sama 


Masukkan Perintah  14   -  Shutting Down  



"  S E L E S A I  "


Kesimpulan : 

1. Domain/Workgroup : Setting join domain bila terdaftar nama domain / Setting workgroup untuk type default 
2.  Computer Name                            :   Mengatur nama Komputer yang di berikan 
3.  Add Local Administrator              :  Jika ingin Menambah akun lain ber-standard local  
4.  Configure Remote Management : Mengelola pengaturan status system remote komputer 

5.  Windows Update Setting : Mengatur  Pengaktifan status windows update (Manual/Auto) 
6. Download and Install Update : Melakukan updating fitur dan menginstalnya melaui proses download 
7.  Remote Dekstop  :  Melakukan Remote controller dengan mengatur pengaturan system 

8.   Network Settings : Konfigurasi Koneksi jaringan beserta DNS server 
9.   Date and Time      :  Setting waktu dan tanggal pada Komputer 
10. Help Impove Product with CEIP :  Ke partisipasi-an pengguna sebagai pelanggan atas survey peninggkatan Product ini 

11. Windows Activation : Informasi seputar komputer anda terkait License dan Product Sis.operasi 
12.  Log Off User               :  Keluar dari User account
13.  Restart Server           :  Restart komputer  dari Program sconfig 
14.  Shutdown Server       : Mematikan Komputer melalui program sconfig 
15.  Exit Command Line   : Keluar dari command line sconfig ke command line awal.






Keutamaan sesama adalah kebersamaan ✩ Terima kasih bagi yang telah mengikuti Artikel ini dari awal hingga akhir tidak lupa jika ada yang ingin ditanyakan oleh Sobat blogger Pada kolom Komentar  Sekian ... ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berikanlah ulasan Positif dengan Kritik dan Saran anda yang berguna