Ciri - Ciri Fitur Windows Server 2012 | INSTALASI-KU








   Ada yang tau gak sih ciri-ciri Sis.operasi Windows Server 2012 ?? Bingung mikir ya ?? Nahh, kebetulan sekali pada hati ini saya akan mengenalkan kepada anda apa saja ciri-cirinya.  hh  anda masih penasaran Tetap bersama saya disini di blog Instalasi-ku :)

   Pada Windows server 2012 ini kususnya windows server 2012 R2 mengalami beberapa perubahan yang tidak dimiliki oelh windows server lainnya. lalu bagaimana cara anda melihat perbedaan itu ?? Jawabannya adalah dengan mengetahui ciri dari Sis.operasi tersebut dengan begitu akan nampak sekilas perbedaanya . Lalu, Apakah kita langsung yakin dengan hanya mengetahui ciiri - ciri tersebut ?? Tentu saja tidak, jika anda pengguna yang belum pengalaman dengan windows server, sulit bagi anda untuk mempelajarinya namun selain dengan mempelajari ciri-ciri ada juga Tips lainnya yaitu dengan melihat fitur - fitur yang dapat digunakan di dalamnya :) mengapa ?? karena itulah kita melihat secara langsung dengan begitu kita langsung merasakan bagaimana rasanya ditambah lagi jika anda mencoba konfigurasi sendiri fitur fiturnya.

Ya, Setelah anda paham pada pemahaman pertama ada pemahaman selanjutnya mengenai ciri windows server 2012 yang kedua ini adalah beberapa Contih Fitur pada Windows Server 2012 R2, Silhkan di simak sejenak  ...



I. FITUR


1. Graphical User Interface (GUI)



Windows server 2012 menjadikan GUI sebagai fitur yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Anda dapat menonaktifkan GUI jika Anda lebih tehcies dan lebih menyukai command line.


2. Hyper-V



Hyper-V adalah jawaban yang Microsoft dari VMware. Microsoft mampu menunjukan kalau platform virtualization miliknya mampu menandingi produk virtualisasi lainya yang ada di pasaran. Pada Windows server 2012 ini, Hyper-V akan memiliki fitur baru yang disebut dengan Hyper-V Replica. Mekanisme dari replikasi ini akan menjadi sebuah skenario untuk disaster recovery. Dengan mencatat perubahan log yang terjadi pada disk didalam virtual machine, dan membandingkanya serta melakukan kompresi untuk proses sinkronisasinya ternyata ini dapat menghemat bandwith.

Peran Hyper-V memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola lingkungan komputasi virtual dengan menggunakan teknologi virtualisasi yang dibangun untuk Windows Server 2012. Hyper-V virtualizes perangkat keras untuk menyediakan lingkungan di mana Anda dapat menjalankan beberapa sistem operasi pada saat yang sama pada satu komputer fisik, dengan menjalankan setiap sistem operasi dalam mesin virtual sendiri.

3. Server Manager





Pada Windows 2012, anda akan memiliki server manager yang lebih canggih dimana anda dapat dengan mudah mendeploy berbagai macam jenis role secara remote ke pada server fisik maupun virtual. Kemudahan mengklasifikasikan server group mengelompokan server yang dapat diatur dengan mudah hingga peningkatan pada kemampuan remote administration yang mampu mempropovisi server tampa harus membuat koneksi RDP.

4. Active Directory Domain Services Overview




Layanan Domain Active Directory (AD DS) pada Windows Server 2012 termasuk fitur baru yang membuatnya lebih sederhana dan lebih cepat untuk menggunakan kontroler domain (baik lokal dan di awan), lebih fleksibel dan lebih mudah untuk audit yang baik dan mengotorisasi akses ke file, dan lebih mudah untuk melakukan tugas administratif pada skala, baik secara lokal atau jarak jauh, melalui konsisten pengalaman manajemen grafis dan script.

5.  Dynamic Access Control (DAC)



Microsoft juga mencoba meningkatkan sekuritinya dengan mengintegrasikan DAC yang membantu IT admin untuk membuat model security yang lebih tersentral untuk mengakses jaringan dengan melakukan tag pada data yang sensitif baik secara manual maupun otomatis berdasarkan konten file ataupun si pembuat file.

6. Server Message Block (SMB)



Server Message Block (SMB) protocol yang sudah mencapai versi 3.0 ini mengalami improvisasi yang cukup signifikan. Dimana SMB  mendukung fitur file server terbaru seperti SMB transparent failover , SMB Scale Out, SMB Multichannel, SMB Direct, SMB encryption, VSS for SMB file sharing, SMB directory leasing, dan juga SMB PowerShell. Dan tentu saja ini komptaibel dengan Hyper-V, sehingga VHD file yang anda miliki dapat dapat disimpan dalam SMB 3.0 share. SQL database juga dapat disimpan dalam SMB share dengan peningkatan kemampuan.

7. Storage Spaces

Storage Spaces adalah fitur baru dari Server 2012 dimana anda dapat memanfaatkan hard drive yang anda miliki untuk dijadikan storage pool, yang dibagi bagi menjadi spaces selayaknya physical disk. Anda dapat membuat hot standby drive dan menggunakan metode redudansi seperti 2- or 3 jalur mirroring.

8. Lisensi Yang Sederhana

Anda tidak perlu lagi pusing dengan perhitungan lisensi server yang anda perlukan karena Windows Server 2012 hanya akan memberikan 4 jenis varian yakni: Datacenter, Standard, Essentials, dan juga Foundation. Lisensi untuk Datacenter dan Standard menggunakan berdasrkan per-processor dan juga CAL, Essential dan Foundation digunakan untuk small businesses yang di lisensi per-server dengan limit jumlah user accounts yang terbatas (15 untuk Foundation dan 25 untuk Essential)
9. IP Manajemen (IPAM)



Alamat IP Manajemen (IPAM) adalah fitur yang sama sekali baru di Windows Server 2012 yang menyediakan kemampuan administratif dan pemantauan sangat disesuaikan untuk infrastruktur alamat IP pada jaringan perusahaan.

10. ReFS
ReFS

Windows Server 2012 memberi file system baru yang disebut dengan ReFS atau Resilient File System. Ia tentu saja akan backward compatible dengan NTFS, Sebagai tambahan ReFS akan memberikan fungsi verifikasi data dan auto correction yang digunakan pada Storage Spaces untuk melakukan pengecilan ataupun pembesaran logical storage pool. Dengan kata lain file system baru ini memiliki fitur skalabiliti yang lebih dinamis dan sudah mendukung hingga 16 exabytes (saat ini di limit hingga 16 terabyte.) ReFS secara teoritis mendukung 256 zetabytes (atau juga 270 milyar terabyte).
Dari Semua Fitur tersebut , ternyata tidak hanya menjadi sebuah perbedaan yang menjadi keunggulan dari yang lainnya sebab dari fitur tersebutlah menghasilkan suatu kelebihan dan juga kekurangan mencakupi skelbihan dan kekurangan windows server ini . Apa sajakah berikut di bawah ini


Kelebihan


I.       LEBIH AMAN DALAM MENGENDALIKAN LAJU INFORMASI.

II.     PENINGKATAN KAPASITAS SERVER UNTUK MELAYANI LEBIH SIMULTAN KONEKSINNYA.
III.     PENINGKATAN KEMAMPUAN LAYANAN SERVER TCP/IP SEPERTI DHCP,WNS DAN DNS.
IV.    TOOL UNTUK MENGINTEGRASIKAN NETWARE DAN MEMONITORING JARINGAN.
V.      TERINTEGRASI PAKET BACK OFFICE 
VI.     MELALUI POWERSHELL, ADMINISTRATOR TETAP DAPAT MEMANTAU KOMPUTER DI JARINGAN DARI JARAK JAUH.
VII.    BISA MEMBOOTING JARAK JAUH UNTUK CLIENT.
VIII.   SERVER JUGA DAPAT MENGATUR SETIAP AKSES IDENTITAS KE JARINGAN AGAR AMAN DAN PRAKTIS DENGAN ADANYA FITUR READ ONLY DOMAIN CONTROLLER.
IX.     MODEL KEAMANAN BERBASIS DOMAIN PENUH.

Dan Yang Paling Penting !!!ANDA DAPAT BERPINDAH/SWITCHING DARI SERVER CORE KE GUI DAN SEBALIKNYA, yang tidak ada pada WINDOWS lainnya kecuali windows server 2012. 


seperti anda tahu bahwa  tiap instal ulang di laptop/komputer pastii hanya bisa di isi oleh 1 sis.operasi untuk 1X instal ulang & Tiap tiap Sis.operasi biasanya hanya bisa menggunakan FULL model tapi hanya 1 pilihan GUI atau CLI , kalaupun ada, seperti Sis.operasi Linux yang bisa menggunakan GUI dan CLI tapi yang saya maksud FULL model adalah dalam isinya seuruhnya ditampilkan oleh model baik GUI / hanya CLI saja . contohnya ya ini yang sedang dibahas,,,


Kekurangan


I.      Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistemkeamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baikpada IIS. 

 II.     Dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server, yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatifberat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya. 

 III.  Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum dapat melakukan perubahan. 


IV.  Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM se rta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.






Mau tahu bagaimana cara menginstal Windows Server 2012 Lebih Lanjut .. Ada  DISINI


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

Berikanlah ulasan Positif dengan Kritik dan Saran anda yang berguna