Install Fitur Server GUI - Windows Server 2012 | INSTALASI-KU



Hai,, selamat datang kembali di blog Instalasi-ku . Pada Posting hari ini ada sebuah materi baru dari ulasan sebelumnya tentang lanjutan dari materi sebelumnya yang sudah pernah di bahas di blog ini. Dan apa yang akan kita bahas ?  Ya , seperti tercantum dalam judul posting bahwa kali ini saya akan membahas mengenai Sis.operasi khusus windows server 2012. Terkait suatu hal berikut terdapat banyak sekali model dari Sis.operasi yang dapat digunakan salah satunya berbasis core atau teks disampnig itu juga memiliki kelebihan salah satunya diantaranya yaitu anda dapat berpindah sis.operasi dari core ke gui :)  
Nah, bagaimana caranya ?? akan di bahas dalam artikel di bawah ini.


 I. Hal yang diperlukan 

   Keunggulan dari windows server 2012 mampu memberi rasa yang berbeda dari windows server lainnya seperti yang diungkapkan tadi , dilain itu adapula syarat yang harus dipenuhi untuk menjadikan kelebihan tersebut bisa berguna untuk anda nanti yakni dengan menginstal suatu fitur sistem operasi sebagai windows berbabasis gui , apa itu ? adalah semacam sistem operasi yang sama juga seperti ini namun berbeda model. maksudnya .. model yang kita cari disini adalah yang berbasis GUI baik dari model Standard ataupun Datacenter. maka dari hal itu telah diketahui hal yang sangat diperlukan ialah sebuah "ISO image File" berisi Sistem operasi windows server 2012. Mengapa kita membutuhkan itu ? karena nantinya akan dilakukan beberapa proses salah satu nya men-terkaitkan file ISO ini bukan Instalasi Sis.operasi melainkan Instalasi Fitur Sistem operasi semacam memasukan partisi dari luar ke partisi dalam (yang sudah ada) sehingga didapat suatu kelebihan yang dimaksud.
    Partisi luar itu adalah bagian (ruang) luar yang tidak terdapat dalam tempat pada komputer maupun sistem operasi. artinya itu adalah suatu perangkat penyimpanan yang menyimpan file ISO berada. perangkat tersebut bisa DVD,Flash drive,blue ray dan berbagai media penyimpanan external lainnya yang dapat menampung besar kapasitas file ISO 

sekedar catatan : untuk pemakai CD/DVD jangan di burn dulu ya file nya soalnya kalo udah di burn beda lagi nanti prosesnya.  

 II. Melakukan  Persiapan 

    Ingat !! yang pertama Siapkan Iso Image, ini kita anggap sebagai bahan paling Utama. dah itu saja bahan nya dan yang lain adalah alatnya kita anggap lagi yang paling utama adalah windows server 2012 tapi yang core yaa jangan gui kan kita ingin merubah dari core ke gui. alat dalam arti ini bisa disimpulkan sebagai komputer nya yang berisi sis.operasi tersebut.

III. Proses Instalasi Server 

        Loh bukannya tadi bilang bukan Instalasi :o  Nah kenapa saya sebut ini sebagai tahap Instalasi ?? memang benar kita akan melakukan suatu proses instal namun bukan dengan cara Instalasi seperti pada umumnya sebab banyak sekali perbedaannya. kan kita makenya yang core, jadi ini bukanlah suatu proses instal ulang
Perlu anda ketahui bahwa ada keuntungan yang di dapat kalau anda melakukan perubahan Windows server core dengan cara ini dan apa itu ? yapsss, dengan proses instal tersebut tentunya data di dalamnya masih aman alias tidak akan hilang :-) hhh lega rasanya jika mendengar hal itu. tapii ingat ! saya tidak menjamin keamanan data anda : 

Setelah itu di lanjutkan ke sebuah tahap berikut ada terdiri dari beberapa langkahMari Anda simak dan Pelajari baik-baik 

Langkah - Langkah  :


   1). Pastikan anda berada dalam mode Administrator setelah masuk sis.operasi windows server tersebut  dan  Ketikanlah  Perintah ini 

mkdir c:\mountdir         

mkdir                     [  perintah membuat Direktori  ]
c:|moutdir       [  karena, pada perintah setelah 'mkdir'  tertulis  'c:\mountdir' artinya direktori yang dibuat berada dalam Drive C dengan folder bernama "mountdir"  ]

core-gui-1
Langkah  Pertama
Ya dan Pastikan tidak ada satu objek pun yang muncul ketika perintah itu di masukkan. itu artinya Direktori  Sukses di buat seperti hasil pada gambar di atas ini.

   2). Cek apakah direktori (folder) telah berhasil dibuat ??

Jawabannya  silahkan anda beralih dulu dari Users\Administrator ke Drive C dengan mengetik 

Perintah        =>  cd c:\\

core-gui-2
Langkah Ke dua

cd         [  singkatan "Change Direktori" yaitu berpindah direktori  ]
c:\\      [  Drive C terletak di lokasi c:\\  ]

jadi, kita akan beralih menguunakan cd menuju lokasi  c:\\


  3). Melanjutkan sebuah Ke ingin tahuan dari langkah 2. Apakah direktori (folder) berhasil di buat ?
Setelah anda beertempat di Drive C, tindakan selanjutnya adalah mengetik sebuah perintah yang berguna menampilkan isi daftar direktori.

Ketikan      =>  dir  

dir   [ Melihat isi direktori yang terdaftar  ].


core-gui-3
Langkah Ke tiga
Lihat,,  Tampilannya akan seperti gambar di atas dan Patikan Nama Folder anda buat tercamtum di dalamnya :)

   4). Yap, selanjutnya bisa disebut  pengecekan atau konfirmasi  Sistem operasi yang sudah ada dalam Windows server tersebut. isinya ada beberapa macam fitur Sis.operasi. persis seperti saat kita ingin memilih Sis.Operasi mana yang ingin di instal dari 4 macam model windows server pada saat Instalasi Pertama kali, Namun pada Perintah ini diwaklili oleh ' Index ' yang tercantum dalam DISM  .
Lebih Jelasnya 

Ketikan      =>  D:\sources\install.wim


core-gui-4
Langkah Ke Empat

 D:                                                                              [  Lokasi berada pada di Drive D  ]
\sources                                                                    [  melalui   ' sources '        ]
\install.wim                                                              [ membuka file ' install.wim '  ]

Jangan lupa pastikan!  terdapat daftar Index dan dibawahnya bertulis " The Operation Completed Succesfuly "


   5).  Install.wim merupakan bagian dari Perintah DISM, biasa digunakan untuk menginstal Fitur Windows Server 2012 khususnya jika ada masalah ketika anda tidak dapat menginstal Fitur - Fitur windows server 2012. 
Nahh kebetulan yang akan kita Instal adalah Server GUI. Oleh karena itulah Pilihan yang tepat ada pada Index No.2  sesuai dengan fitur tersebut. 


core-gui-5
Langkah Ke lima



Gunakan Perintah    =>    DISM /mount-wim /wimfile:D:\sources\install.wim /index2 /mountdir:c:\mountdir /readonly    (tolong perhatikan dengan jelas perintah itu dan juga jarak pemisahan karakter huruf)


Jadi, anda dapat meginstal Server lain, Tetapi harus sesuai Perintahnya dengan No.Index yang tertera nama Server tersebut.


  6). Yups, Hasilnya sistem akan memunculkan sebuah info Development pada gambar. Barulah proses " Mounting Image " dilakukan  :-)  Perlu diperhatikan bahwa yang di  'mount' disini adalah File Image Sis.Operasi dari Index yang dipilih ( No.2 ) pada DISM
core-gui-6
Langkah Ke enam

Tapi,, Apa Itu " Mount " ? Beginilah Pengertiannya, Mount Merupakan suatu aktivitas dalam Sis operasi untuk menggabungkan parisi lain di luar partisi yang sudah ada seperti CD ROM, Harddisk,USB dll

Lalu apa artinya " Mounting Image " ???  . Berbeda dengan Mount pada umumnya , mount yang dimaksud ialah istilah pada komputer

Jadi, telah diambil sebuah kesimpulan dari Mounting Image yakni proses mengkaitkan sebuah sistem berkas yang baru ditemukan pada sebuah Piranti Image ke struktur direktori utama yang sedang dipakai.

Okelah kalau gitu, Tapi cek dulu pada Command harus ditandai dengan The Operation Completed Succesfuly "   (Lihat tanda anak panah di gambar ke enam)
 sama seperti sebelumnya. walau agak sedikit berbeda di langkah ini sebab pada proses instalasi yang dilakukan dengan Mounting Image khususnya dalam hal ini juga dibutuhkan informasi dari sebuah progress kepada pengguna yang berguna untuk melihat seberapa besar proses telah berjalan namun ditampilkan dalam konteks berupa teks.

oleh karena itu,,, Pastikan  !!   Berjalan Sampai 100% 

Memangnya , mengapa kita harus memperhatian  hal itu  ?? Sebab penting bagi anda setiap ingin melakukan suatu Instalasi khususnya pada proses ini apalagi memakai windows 2012 Standard core yang berbasis CLI perlu lebih teliti karena semua program dijalankan dalam konteks yang tertulis.

   7). Dan  Setelah Suksess --- Berjaya dengan Lancar ,  lanjutkann sampai kelar !!.


Langsung saja,,  Jalankan Perintah Powershell , ini untuk mengaktifkan Powershell agar terus aktif sampai Proses Instalasi berjalan. tapi ingat setelah file image pada DISM di mounting yaa

atau jika anda bingung dengan ini, agar mudah di ingat anggap saja ini sebagai Password yang membuka jalan akses menuju tujuan berikutnya jadi tanpa itu kita tak kan bisa meneruskan langkah ke seterusnya sebab jalan terkunci oleh password powershell tersebut.
Intinya anda harus ingat sllalu yang namanya password :v   

core-gui-7
Langkah Ke tujuh

Ok Berikut  ,,, setelah mengetik perintah tersebut kita langsung berganti tempat dan masuk ke lokasi;  PS c:\\  (Lht tanda panah plg bwh gambar ke tujuh)

PS                       [  Lambang PowerShell, jika Aktif bertanda sedang berada pada mode 'Powershell'   ]
c:\\                    [  Lokasi Drive C  terletak di  'c:\\'  ]


   8). Baiklah,,  sepertinya inilah yang dari tadi di tunggu - tunggu . YA apalagi jika bukan Menginstal  Server GUI  :)  
Silahkan Ketik Menggunakan Perintah ini:

install-windowsfeature server-gui-mgmt-infra.server-gui-shell -restart -souces C:\mountdir\windows\winsxs


core-gui-8
Langkah Ke delapan

Start  Installation...

core-gui-9
Langkah Ke Sembilan
Selalu  Ingat !! Pasttikan  Installation  100%

   9).  Nanti akan muncul tampilan pertamanya ( Start Up ), tapi sedang berjalan status "Working On Feature"  yang artinya Komputer anda beroperasi menginstal Fitur baru.    

Yak , Sambil  Istirahat dulu   Tunngu terus hingga 100% Complete   eith hati-hati! jangan sampai komputer anda tiba - tiba Mati , Jaga Keadaan komputer anda tetap dalam keadaan menyala hingga proses selesai.



core-gui-10
Langkah Ke sepuluh

SELAMAT  !!  BERJAYA MEMASUKI  SISTEM OPERASI BARU :-)
core-gui-11
Langkah Ke sebelas
(  Pada Gambar di atas  )
Ketikan  CTRL+ALT+DEL  melalui Keyboar dbagian kanan


Menuju "Administrator " Login.  Masuk kan Password anda  dan  ENTER
core-gui-12
Langkah Ke dua belas

LIHAT  TAMPILAN DI ATAS .  PERHATIKAN !  APA YANG BERBEDA ??


   10).  Ya baik, inilah Tampilan Dashboard  Windows Server 2012 yang hanya ada pada Server GUI . Tempat dimana semua fitur di kontrol.


core-gui-13
Langkah  Ke tiga belas

TAMPILAN  DEKSTOP AWAL WINDOWS SERVER 2012   -   SERVER  GUI

core-gui-14
Langkah  Ke empat belas





Sekian Materi dari Informasi yang di Post saat ini. Jika ada yang ingin ditanyakann Silahkan TInggalkan Komentar.

Terima kasih ,,  Tunggu Materi Yang akan datang selanjutnya ............

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berikanlah ulasan Positif dengan Kritik dan Saran anda yang berguna