Standard GUI Intallation - Windows Server 2012 | INSTALASI KU








WINDOWS  SERVER  2012

STANDARD  GUI  INSTALLATION






I.  PENGENALAN 


Selain Windows Server 2012 standard core, masih ada Sis.Operasi lain yakni 'windows server 2012 GUI Standard' merupakan satu paket yang masih sejenis dengan windows server 2012 sama dengan versi standard. namun berbeda dengan standard core dimana pada sis.operasi ini berjalan pada basis GUI, tapi tetap memiliki komponen yang ada pada standard core .  

Jika disimpulkan dalam konsep logika Microsoft Windowsadalah sebuah Negara dan  Windows Server 2012  adalah kota di dalam negara itu ,lalu disetiap kota pasti ada daerah yang menjadi bagian wilayah kota itu maka  Standard GUI  kita anggap sebagai daerah tersebut dan isinya adalah komponen komponen yang akan di instal pada  Standard GUI  bila di anggap komponen itu sebagai orang yang mengisi kota di dalamnya .   

Jadi , Ini hanya bagian kecil dari sistem operasi Windows server yang pada intinya di dalam sis.operasi ada sis.operasi di dalam nya 



II. INSTALLING  .. 

   Sebelum instalasi dimulai alangkah baiknya apabila anda melihat dulu Kelebihan dan kekurangan Windows server karena penting bagi anda yang ingin melakukan instalasi tanpa mengetahui apa keunggulan dan kekurangan Sistem operasi, Adapun spesifikasi (recommended) hardware untuk dapat mengunakan sistem operasi ini yaitu  


SPESIFIKASI HARDWARE

Component

Minimum

Recommended

CPU SOCKET 1,4 GHz (64-bit processor) atau lebih cepat untuk single core

1,3 GHz (64-bit processor) atau lebih cepat untuk multi-core
3.1 GHz (64-bit processor) or faster multi-core
Memory (RAM) 2 GB 8 GB
Hard disk dan ruang penyimpanan 160 GB hard disk dengan partisi sistem 60 GB


Persiapan lain yaitu menyiapkan iso windows server 2012 sebagai bahan itu adalah file yang berukuran cukup besar , Tetapi jangan khawatir karena disini saya akan mempraktikan  menggunakan Aplikasi  Virtualbox  sebuah aplikasi mesin virtual yang berguna sebagai alat uji coba sebelum dicoba dengan Partisi asli komputer yang mungkin anda perlukan.

Setelah bahan dan alat disiapkan saatnya mari kita mulai installing .... :)  Namun sebelumnya saya bagi dulu menjadi beberapa tahap untuk mempermudah memahami proses demi proses antara lain


 1. TAHAP  PERSIAPAN

Persiapan yang dimaksud adalah membuat berkas mesin yang akan dijadikan sebagai wadah bagi sistem operasi windows server 2012. berikut langkah - langkahnya :

1).  Open Virtualbox , Pilih  Baru (New)  dan Isilah beberapa kolom berikut :
    
    Nama : Judul 
    Type   : Microsoft Windows
    Versi   :Windows 2012 (64 bit)

Petama
 2).  Pada Ukuran Memori disini RAM yang dibutuhkan adalah 2048MB atau setara dengan 2GB sama persis dengan Spesifikasi yang direkomendasikan namun jika itu tidak mencukupi aturlah sesuai ukuran yang dibutuhkan atau sesuai dengan komputer anda,


Kedua

 3). Selanjutnya , pada Hard disk ada tiga pilihan yang tertera. karena tujuan kita adalah mengistal windows server 2012 maka silahkan anda pilih urutan ketiga fungsinya untuk membuat virtual hard disk dalam berkas yang kita buat sama seperti hard disk pada komputer namun disana hanya dapat dijalankan di dalam mesin virtual saja khususnya dalam Virtualbox ini.

Ketiga

 4). Pada langkah ke empat ini, anda tidak perlu bingung untuk memilih salah satu diantara beberapa pilihan yang ada. cukup biarkan saja dan tidak usah di ubah - ubah tetap menjadi urutan pertama  (VDI) sebagai tipe virtual hard disk yang dibuat. 

Ke empat


5). Kapasitas penyimpanan pada virtual hard disk sangat berhubungan dengan hard disk aslinya  untuk itu pada langkah ini anda harus mengerti Selection yang anda pilih karena fungsinya pasti berkenaan dengan kondisi pada komputer.



Maka pilih saja Dialokasikan secara dinamik (dinamically allocated


Ke Lima

6).  Sampai pada langkah ini sebelum cepat-cepat dibuat , pastikan anda telah mengetahui lokasi yang tepat untuk menyimpan berkas ini
Ke enam

 7).  Oke, Tampilan awal berkas baru telah muncul dan berhasil kita buat. Selanjutnya mengecek Koneksi apakah berkas yang akan di instalasi terhubung menuju internet ?? 



Ke Tujuh
jawabannya ada di Klik => Pengaturan (Setting) => Jaringan (Network) (gambar di atas) . Cek pada Adapter 1 seperti gambar di bawah ini lalu lihat pada kotak ( di samping Fungsikan adaptor,,,) dan Pastikan tidak ter ceklist, ini-di lakukan untuk menghindari Update pada proses instalasi nanti supaya instalasi berjalan tidak terlalu lama.

Ke delapan

2. TAHAP   INSTALASI


;  
Di dalam Proses Instalasi khususnya saat menggunakan software virtual sebagai alatnya. hal utama yang harus dimiliki ialah mempunyai file .ISO  ini adalah bahan dasar ketika anda ingin melakukan Instalasi 

Langsung saja ikuti Langkah - Langkah berikut ini:




(1.  Klik => Mulai (Start) , Pada menubar


  

Langkah  Pertama

 (2.  Muncul  sebuah tampilan  yang menyuruh kita untuk memasukkan sebuah file Instalasi tersebut untuk melanjutkan Ke langkah berikutnya.
Yap, yang dimaksud ialah file  .ISO  jadi masukkan file instalasi  windows-server-2012.iso yang sudah anda miliki  


 Kedua

 (3. Pertama  kali akan muncul  'Windows Setup' pada caption  Install Now dan anda klik.

 Ke Tiga

Maka Setup tadi akan melakukan starting .. sebagai tanda telah dimulainya proses Instalasi

 Ke empat


 (4.  Masuk Ke langkah selanjutnya, pada step ini  biasanya pada instalasi windows setelah Starting,,, akan langsung menuju License  Sis.operasi tersebut . Namun berbeda dengan windows server 2012 karena sebelum sampai ke sebuah tahap license akan ditampilan terlebih dahulu sebuah Caption berisi 4 kategori sistem operasi windows server 2012 yang semuanya itu memiliki kemiripan fitur tapi dalam jenis dan juga basis berbeda

Sesuai dengan judul post yang saya buat sebagai tutorial . Mari kita pilih selection urutan ke dua yakni  "Windows Server 2012 R2 Standard ( Server with a GUI ..... )'"

Ke Lima

 (5.  Nah, barulah anda memasuki step berisi sebuah License untuk Sis.Operasi ini. Yak Silahkan anda lakukan seperti biasanya ,,  apalagi jika bukan mencentang kotak bertulis "I agree the license terms"  Mengapa ? karena itu adalah jalan satu" nya :v untuk menuju proses selanjutnya.

Ke Enam

(6. Baik . Langsung saja pilih "Custom Install" .

Ke Tujuh


(7. Disini ada pengaturan partisi, sebagaimana telah anda ketahui kegunaan Partisi untuk menyimpan data berkaitan dengan sistem dan program di dalamnya jugamendukung operasi pada komputer tentunya. 
Lalu disinilah, kita akan membuat minimal 2 partisi yaitu : Sistem & Primary . akan tetapi hanya ada 1 partisi yang boleh digunakan sebagai Tempat Install Sis.Operasi ialah Partisi Primary. 
Untuk itu   Klik =>  New     untuk membuatnya.


Ke delapan


Aturlah size yang cukup untuk menampung semua data pada partisi 
Klik   =>;   Apply  ( gambar di bawah )
Ke Sembilan
Ke Sepuluh

OK
 (8.  Setelah Partisi baru jadi, Anda tinggal melakukan Format partisi tersebut yakni mengahapus seluruh data yang tertaruh pada partisi itu. Namun anda juga dapat tidak melakukan nya karena ini cuma sebagai Verifikasi saja 

;Ke Sebelas

(9. Okelah  saatnya kita isitirahat sebentar :-v. Jangan bingung karena disini lah Inti Proses instalasi dimana semua data yang ada dalam  file .iso akan dicopy dan didaftarkan ke dalam Partsi Primary tersebut . yang perlu anda lakukan tinggal duduk saja menunggu sampai program me-Restart .

Ke Dua belas
Ke Tiga belas

Sampai berhasil melakukan Restart

(10.  Kembali hadir dengan Tampilan baru (Getting Ready)  .


Ke Empat belas


Masuk kembali dalam Tampilan yang berbeda (GUI). isilah Password dan Redeem password ( gambar di bawah )
Disana terlihat bahwa username tak dapat di ubah , memang begitu karena yang kita instal bukan Windows biasa tapi Windows server jadi sudah pasti yang memegang kendali termasuk sejak pertama kali yaitu instalasi adalah Administrator
.
Ke Lima belas

Dan jangan tertinggal ya    Klik =>  Next 
Ke Enam belas


Bersiaplah  untuk  Proses Final


(11.  Sampai pada  akhirnya ... :)  Berhasil Menampilkan sebuah Layar Baru oleh Windows Server 2012  berbasis GUI  dengan tipe  Standard  hasil jadi dari Instalasi.


Ke Tujuh belas


Ketik Ctrl+Alt+Del  (keyboard sebelah kanan) atau cara mudahnya klik - Input - Keyboard - Ctrl + Alt + Del  (pada gamabar di atas)
Ke delapan belas


Masuk ke mode "Administrator" (gambar di atas) , sebelumnya masuk kan dulu password yang dibuat pada proses instalasi tadi.




(12. SELAMAT ANDA TELAH BERHASIL LOGIN  =>  MASUK KE DEKSTOP GUI WINDOWS SERVER 2012
Ke Sembilan belas


TAMPILAN  DASHBOARD  WINDOWS  SERVER 2012  -  SERVER GUI
Ke Dua puluh




NOTE Untuk Instalasi langsung pada komputer asli, sama seperti contoh di atas hanya saja tidak ada konfigurasi virtualnya jafi anggap kalo konfigurasi virtual dihapus pada langkah di atas dan yang tersisa adalah instalasi instalasi Windows Server nya.

 Baiklah.. Itulah Materi  yang dapat saya sampaikan seputar instalasi Windows Server 2012 kali ini serta mohon maaf bila terdapat kesalahan pada penulisan yang tidak sesuai .


Sampai jumpa pada lain waktu  :-)





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berikanlah ulasan Positif dengan Kritik dan Saran anda yang berguna